6 Tips Istiqomah Ngaji Al-Quran Bagi Pemul

Alquran adalah kitab yang paling utama bagi umat Islam. Kitab ini berisi firman Allah, Tuhan Semesta Alam, yang membimbing kita ke jalan yang benar. Tuhan kita yang Penyayang mengirimkannya dan melindunginya dari pemalsuan.

Oleh karena itu, kitab Al-Quran masih terjaga keasliannya tanpa ada perubahan sama sekali. Selain diperintahkan untuk memahaminya, Allah juga telah menetapkan pahala atas membacanya. Pembacaan Alquran yang tepat sangat penting karena berisi pesan dari Allah untuk ciptaan-Nya.

Bahasa Arab adalah bahasa teknis, apabila kita salah mengucapkan kata maka artinya berubah dapat berubah. Kami telah mengumpulkan beberapa tip yang akan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas membaca Alquran, khususnya bagi pemula.

Mulailah Membaca!

Wahyu pertama yang diturunkan bermakna “Baca.” Oleh karena itu, kita harus mulai membaca Al-Qur’an, meskipun kita tidak/belum lancar. Apabila Anda pemula, saat Anda memulai, Anda tidak usah berharap bisa langsung lancar . “Semua perjalanan dimulai dari satu langkah.” Kumpulkan tekad Anda dan segeralah mulai menjalani syariat islam. Hidup hanya sekali, jadi jangan sampai hidup yang penuh berkah ini kita lalui dengan tidak bisa membaca Alquran.

Sedikit Tapi Teratur

Jangan terlalu membebani diri dengan target yang berlebihan yang dapat menyebabkan rasa malas dan akhirnya menyerah. Kuncinya di sini adalah menjadi teratur. Anda dapat memutuskan membaca sepuluh ayat setiap hari dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak melewatkannya.

Pelajari Tajwid

Untuk membaca Al-Quran, mempelajari ilmu tajwid merupakan sebuah keharusan. Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara ucap dan bunyi huruf-huruf hijaiyah dalam kitab suci Alquran. Mintalah bantuan dari seorang guru yang dapat menunjukkan dan memperbaiki kesalahan Anda. Mempelajari pengucapan dan tanda baca yang benar sangat penting untuk menghindari perubahan arti kata dan kalimat. Selain itu, tajwid juga dapat memperindah bacaan.

Pengulangan

Ketika Anda telah memutuskan target jumlah bacaan tertentu untuk dibaca setiap hari, cobalah untuk membaca bagian yang sama beberapa kali setiap hari. Misalnya, jika Anda berencana membaca sepuluh ayat setiap hari, maka bacalah sepuluh ayat yang sama tiga sampai empat kali sehari. Anda dapat mengulanginya dalam sekali duduk atau beberapa kali sehari, sesuaikan dengan kenyamanan.

Usahakan Menjadi Rutinitas

Jadikan membaca  Alquran sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dan rutin. Anda dapat menentukan waktu untuk segera membaca, semisal setelah shalat. Membaca setelah shalat cukup praktis karena tidak perlu berwudhu lagi. Ini dapat mengurangi kemalasan.

Manfatkan Teknologi

Teknologi telah semakin berkembang. Apabila Anda jeli, Anda dapat memanfaatkannya untuk kebaikan. Anda dapat menggunakan teknologi untuk membantu Anda dalam membaca Alquran. Misalnya menggunakan website Al-Quran digital online misalnya WorldQuran yang berisi 114 surat dari Al Fatihah hingga An Nas dan dilengkapi dengan tulisan latin serta arti bahasa Indoensia. Anda juga bisa mencari video mengaji di youtube dan sebagainya.