PERBANDINGAN KUSEN KAYU SENGON DENGAN KUSEN ALUMINIUM

Kusen saat ini banyak terbuat dari berbagai jenis kayu, bahkan hampir semua jenis kayu bisa dibuat menjadi kusen. Kayu jati, kayu mahoni, kayu akasia, bahkan kayu sengon juga bisa dibuat menjadi kusen yang bagus. Selain kayu kayu sebagai bahan pembuatan kusen, kusen di era modern saat ini juga sudah mulai berkembangm banyak bahan kusen yang sudah tidak memakai kayu lagi, yaitu dari bahan aluminium, beton, bahkan ada yang dari beri.

Untuk potingan saat ini, kita akan membahan perbandingan yang lebih spesifik antara kusen aluminium dibandingkan dengan kusen dari kayu sengon. Dari bahnnya saja sudah beda, satunya kayu, satunya lagi aluminium, tapi perbandingan ini bisa dimanfaatkan saat kita mau memilih dengan pertimbangan pada perbandingan ini, kita bisa lebih jelas dan pas dalam memilih kusen yang hendak kita pakai.

Dari segi kekuatan fisik

Dari segi fisik tentu saja tidak dipungkiri kusen aluminium jauh sekali lebih kuat ketimbang kusen dari kayu sengon. Kusen aluminium bahan utamanya aluminium, dengan kayu jati saja masih kuat kusen aluminium apalahi dibanding dengan kusen dari kayu sengon, tentunya disini kusen aluminium memang kalau soal kekuatan bahan utamanya.

Dari segi harga.

Masalah harga, kusen aluminium juga masih unggul dibanding kusen dari kayu sengon, kusen kayu sengon sendiri cocoknya juga untuk kusen jendela, kalau untuk pintu masih belum cocok dan rada rapuh kalau untuk pintu, sedangkan kalau kusen jendela aluminium sudah pasti teruji, dan harganya memang masih lebih mahal. Kayu sengon saat ini melimpah, harganya juga terjangkau, harga terjangkau mungkin disebabkan karean kayu sengon sangat mudah tumbuhnya dan sangat cepat untuk menjadi besar, hanya butuh waktu 5 tahun, kayu sengan sudah siap panen, beda dengan jati, bisa puluhan tahun.

Dari segi keindahan kusen.

Kayu sengon sebenarnya bisa dibuat menjadi sangat bagus untuk penampilannya, tergantung kita mau membuatnya tampil dengan bagus apa tidak. Kayu sengon misalkan di cat dengan cat yang bagus, maka tampilannya bisa seperti kayu jati. Kalau ingin mengetahui jenis cat itu, silahkan tanya ke toko bangunan, pasti dikasih tahu. Sedangkan kusen jendela dari aluminium yang begitu gitu saja tampilannya, gak bisa diukir seuai kemauan kita, itu dari pabriknya ya tinggal pasang.

Kesimpulan, kusen kayu sengon bagus di harga dan penampilan kalau kita mau membutanya bagus, tapi kalau kusen aluminium bagus di kekuatan.